5 Teknologi di Dunia Sepakbola untuk Meningkatkan Kinerja Pemain

5 Teknologi di Dunia Sepakbola untuk Meningkatkan Kinerja Pemain

Sepakbola sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama pada sepakbola Eropa. Hal ini terbukti dengan kehadiran sistem dan teknologi baru yang menunjang olah raga yang menghasilkan ini. Ada 5 teknologi di dunia sepakbola yang bisa meningkatkan kinerja para pemain sehingga mampu memberi kontribusi bagi klub.

1. Plester Kinesio
Plester ini ditemukan pada tahun 1970 oleh seorang dokter yang berasal dari Jepang bernama Kenzo Kas. Plester ini sudah dipakai oleh olahragawan profesional, namun di tangan footballers lah plester Kinesio ini semakin dikenal. Plester ini bisa dipakai di bagian tubuh manapun (fleksibel) tanpa menghambat gerakan tubuh.

Permukaannya yang bersisik seperti kulit ular mampu memperbaiki sirkulasi darah, bahkan bisa meningkatkan stamina, yaitu dengan menjaga energi yang ada pada tubuh agar tidak cepat habis ketika otot-otot bergerak. Contohnya Mario Balotelli yang menggunakan plester ini pada bagian punggungnya dan Robbie Fowler yang menggunakannya pada hidung.

2. Armour Bite Mouthpiece
Alat ini berbentuk deretan gigi (pelindung gigi) yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara yang masuk ke dalam tubuh pemain. Alat ini juga bisa meningkatkan reaksi kortisol hormon, sehingga akan meminimalisir stress dan kelelahan. Selain itu, alat ini juga dapat memperluas aliran nafas sehingga membuat fungsi paru-paru menjadi lebih baik.

3. M-Frame Oakley
M-Frame Oakley merupakan salah satu kacamata yang memiliki terdiri dari beberapa jenis bentuk, tapi biasanya dipakai oleh olahragawan. Kacamata ini digunakan ketika training dan sangat berguna untuk memfokuskan indra penglihatan para pemain yaitu dengan cara mengaktifkan sensor blinking.

4. Micoach
Micoach merupakan sebuah teknologi pertama berupa sepatu pintar yang biasanya digunakan untuk mengetahui dan merekam statistik performa para pemain, seperti kecepatan maksimum, jumlah sprint, jarak tempih, dan level intensitas.

Teknologi made in Jerman ini tidak hanya dipakai oleh pemain bola saja, tapi juga dipakai oleh olahragawan lainnya, seperti pemain tenis, basket, dan lainnya. Memori Micoach yang terdapat pada sepatu tersebut dapat mencatat seluruh statistik pemain selama pertandingan dan dapat ditransfer secara nirkabel ke PC, tablet,  dan Mac.

5. Techno Wear
Teknologi ini awalnya diciptakan untuk olahraga renang yang dipasang pada kostum renang. Akan tetapi, alat ini juga sudah dibuat untuk rancangan kostum sepak bola yang bisa memonitor tingkat detak jantung pemain, yaitu dengan menggunakan bahan elektro tekstil dan perangkat semacam sensor ECG yang memang khusus dirancang untuk itu.

Well, itulah lima teknologi di dunia sepakbola yang memang dirancang khusus untuk menunjang performa pemain sehingga pemain bisa menberikan kontribusi maksimal bagi klub dan negaranya masing-masing. Meskipun begitu, teknologi ini baru digunakan pada sepakbola di negara maju saja, seperti negara Eropa, dan belum digunakan di Indonesia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Teknologi di Dunia Sepakbola untuk Meningkatkan Kinerja Pemain"

Posting Komentar