Berwisata ke Pulau Tidung, Keindahan Tersembunyi Kota Jakarta


Tahukah Anda, selain Ancol, TMII, Monas, dan Kebun Binatang Ragunan, ternyata Jakarta memiliki tempat wisata yang eksotis nan indah. Tempat itu bernama Pulau Tidung, sebuah pulau yang berada di Kepulauan Seribu. Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan tersembunyi kota Jakarta, berwisata ke Pulau Tidung bisa jadi destinasi pilihan.

Lokasi pulau ini berada di kawasan selatan Kepulauan Seribu, berdekatan dengan Pulau Pari. Pulau Tidung terdiri terbagi menjadi 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni dan yang terbesar di antara pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Sementara Pulau Tidung Kecil hanyalah pulau tak berpenghuni.

Untuk mencapai tempat ini bisa dilakukan menggunakan kapal ferry reguler via Dermaga Pelelangan Ikan Muara Angke. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam sampai ke Pulau Tidung. Jika Anda ingin lebih cepat sampai tujuan, Anda bisa menumpangi speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Namun biaya menumpangi speedboat memang lebih mahal ketimbang kapal ferry.

Pulau Tidung memiliki pesona alam yang elok dipadu dengan wisata bawah laut yang tak kalah indah. Pasir putih menghampar sepanjang pulau. Sementara lautnya berwarna biru dan masih dipenuhi biota laut seperti ikan-ikan cantik dan terumbu karang.
berwisata ke Pulau Tidung
Destinasi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat snorkling atau diving. Pulau indah ini berluas 140 hektare dengan populasi sekitar enam ribu jiwa. Penduduk di pulau ini dikenal ramah dan terbuka kepada para wisatawan. Ada beragam obyek wisata yang bisa Anda nikmati di pulau ini.
Jembatan Cinta

Jembatan Cinta adalah salah satu obyek wisata favorit di Pulau Tidung. Jembatan yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil ini memiliki panjang 800 meter. Para muda-mudi ini kerap meramaikan tempat ini. Konon tempat ini juga menyimpan sejumlah mitos bahwa menyeberangi jembatan ini disebut-sebut bisa melanggengkan hubungan cinta.
Wisata Air

Anda juga dapat menikmati aneka wisata air di sini seperti snorkling, diving, banana bot, jetski dan berbagai wahana menarik lainnya. Adapun tarif wahana-wahana itu terhitung sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Wisata Hutan Mangrove

Di sebelah barat pulau ini terdapat hutan bakau (mangrove) yang terhampar di sepanjang tepian pantai. Anda dapat menikmati hutan asri dan juga bisa berfoto ria dengan latar belakang keindahan hutan dan pantai.

Di samping sebagai tempat wisata, hutan mangrove juga punya fungsi utama untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Hutan mangrove juga menjadi habitat hidup dan sumber makanan bagi beberapa satwa liar.

Taman Bawah Laut Perairan Tidung
Kondisi bawah laut Pulau Tidung sangat indah. Terdapat beragam jenis ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni. Tentunya itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta wisata bawah laut. Pengelola wisata Pulau Tidung juga menyiapkan peralatan menyelam yang dapat Anda sewa untuk lebih menikmati keindahan alam bawah laut.

Selain hal-hal di atas, di pulau ini juga terdapat Agrowisata Pulau Tidung, lalu berdekatan dengan Pulau Saung Perawan yang indah, dan Pantai Cemara Kasih. Di Pulau Tidung Anda juga bisa menikmati penampakan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah.

Itulah ulasan tentang keindahan tersembunyi kota Jakarta yang bernama Pulau Tidung. Bagi Anda penduduk Jabodetabek khususnya yang sedang memburu destinasi wisata nan eksotis, berwisata ke Pulau Tidung wajib masuk dalam daftar tujuan. Sebab pulau ini bukan hanya menjanjikan keindahan untuk mata, tapi juga kedamaian untuk hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berwisata ke Pulau Tidung, Keindahan Tersembunyi Kota Jakarta"

Posting Komentar