Hindari 8 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mendesain Dapur

Hindari 8 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mendesain Dapur

Hindari 8 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mendesain Dapur

Dapur merupakan area kedua dalam sebuah rumah yang aktif digunakan untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan dapur memiliki peran penting untuk melakukan berbagai aktivitas seperti memasak, membuat teh, menjamu tamu dan sebagainya. Sudah sepatutnya dapur harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Walapun rajin merawat dan dibersihkan setiap hari, adakalanya Anda merasa tidak nyaman berada di area dapur. Itu bisa jadi karena Anda salah menata atau membuat desain dapur minimalis Anda. Kesalahan dalam membuat desain dapur dapat mempengaruhi tampilan dapur sehingga tidak menarik, terkesan sempit dan berantakan serta tidak nyaman. Apa saja kesalahan-kesalahan yang perlu Anda hindari saat proses mendesain dapur minimalis? Yuk, simak informasinya dibawah ini!

Tidak memperhitungkan tempat penyimpanan 

Semua komponen di dalam dapur merupakan elemen yang penting dan semuanya membutuhkan ruang penyimpanan, seperti bahan makanan, peralatan dan perlengkapan memasak. Meskipun hanya mesin penggiling kopi, tempat bumbu, atau tempat sendok, Anda harus memperhitungkannya. Saat akan merenovasi dapur, pikirkan dengan matang dimana semua perabot yang sudah atau akan Anda beli akan diletakkan di dalam dapur. Untuk perabot dapur yang sering dipakai, pastikan setiap perabot tersebut mendapat tempat penyimpanan yang terjangkau.

Mengabaikan meja dapur

Salah satu kesalahan terbesar dalam desain dapur minimalis adalah mengabaikan meja di dalam dapur. Kitchen set saja tanpa meja dapat membuat aktivitas memasak sangat merepotkan. Hal ini karena semua aktivitas di dapur membutuhkan sebuah meja untuk menaruh bahan makanan, mengiris sayur dan bumbu, membuat adonan dan sebagainya. Semua hal itu harus dipikirkan ketika mendesain sebuah dapur minimalis. Dengan adanya meja di dapur tentu pekerjaan memasak Anda akan lebih cepat selesai.

Tidak memikirkan peralatan memasak
Kebanyakan pemilik rumah terlalu fokus untuk memasang kitchen set serta kabinet dapur dan mengecat dinding. Namun kemudian mereka merasa ada yang salah setelah menempatkan perlengkapan memasak di dapur. Misalnya kulkas, ternyata tidak memiliki tempat yang cukup dalam dapur. Selain kulkas ada juga oven atau pemanggang yang dilupakan, mereka tidak tahu harus menaruh dimana. Bahkan ada beberapa orang yang lupa mempersiapkan tempat untuk menaruh rak gelas dan piring. Untuk itu, dalam mendesain dapur sebaiknya dipikirkan secara matang jenis peralatan memasak yang akan Anda gunakan sehari-hari. Dengan begitu, semua jenis perabot akan pas dan muat di dalam dapur tersebut.

Kurang pencahayaan
Kesalahan umum yang sering terjadi dalam proses mendesain dapur minimalis yaitu melupakan pencahayaan atau penataan tata lampu yang sangat minim. Dapur merupakan area yang sama pentingnya dengan area lain di rumah. Oleh sebab itu, pencahayaan di area dapur tidak boleh dilupakan. Kekurangan cahaya dalam sebuah dapur dapat membuat dapur terkesan “menakutkan” dan tidak nyaman. Bukan hanya masalah pada desain dan atmosfirnya, tetapi juga masalah keamanan saat sedang memasak. Salah satu aktivitas memasak yang sering dilakukan yaitu memotong bahan makanan. Bagaimana jadinya bila cahaya di dalam dapur tidak terang atau kurang? Bisa-bisa Anda malah salah memotong. Sebaiknya gunakan lampu yang dapat membuat efisiensi kegiatan di dapur menjadi maksimal.

Mengabaikan ventilasi udara

Dapur minimalis yang ideal adalah dapur yang tidak berbau dan tidak pengap. Jika Anda ketika pergi ke rumah seseorang dan mencium bau amis yang ada di dapur, maka Anda akan memahami pentingnya ventilasi udara yang bagus. Memiliki ventilasi udara yang baik akan memperlancar sirkulasi udara, sehingga Anda akan merasakan udara yang segar saat beraktivitas di dapur. Apabila ruangan dapur Anda berada di tengah rumah dan jauh dari ventilasi atau jendela. Gunakan exhaust fan, hal ini bertujuan untuk mengurangi bau dan membuat dapur tidak pengap. Selain itu exhaust ini berfungsi untuk menyaring asap yang dihasilkan ketika memasak, sehingga rumah tidak akan “berkabut” saat sedang memasak.

Melupakan tempat pembuangan
Alangkah baiknya jika Anda memiliki tempat khusus untuk sampah rumah tangga Anda, terutama sampah dapur. Saat ini telah berkembang sistem sampah daur ulang dimana Anda bisa memilah sampah yang bisa didaur ulang kembali dan mana yang tidak. Anda bisa membagi sampah menjadi tiga bagian, yaitu organik, non organik dan sampah kering. Siapkan tempat yang cukup memadai untuk menaruh dan menampung segala sampah di area dapur Anda.

Menggunakan bahan yang sama untuk lantai, dinding dan kitchen set

Kita tidak perlu menggunakan bahan atau warna yang sama untuk lantai, dinding bahkan kitchen set. Jika Anda menginginkan suasana harmonis atau serasi tidak perlu menggunakan bahan atau warna yang sama. Penggunaan bahan atau warna yang sama untuk lantai, dinding dan kitchen set dapat membuat dapur Anda terlihat tidak menarik dan membosankan. Sebaiknya padukan beberapa warna yang senada untuk tampilan dapur yang memuaskan. Misal, dinding dapur berwarna cream, Anda bisa memadukan dengan warna terang pada lantai dan kitchen set dengan warna gelap. Jangan hanya terpaut pada satu warna atau bahan saja. Perbanyaklah informasi seputar bahan dan warna yang tepat untuk lantai, dinding serta kitchen set Anda.

Tidak menggunakan jasa profesional 
Tidak salah memang membuat dan mengerjakan desain dapur minimalis Anda sendiri dengan cara melihat referensi gambar-gambar dari internet. Namun seringkali pemilik rumah akan merasa kebingungan dan mendapati hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Sehingga tak sedikit yang membuat mereka mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kesalahan mereka sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya disarankan untuk menggunakan jasa profesional yang mengerti mengenai kondisi dapur Anda. Mereka akan mendesain dan mengerjakan desain dapur minimalis Anda semaksimal mungkin yang sesuai dengan lifestyle Anda.

Itulah 8 kesalahan yang sering terjadi saat proses mendesain dapur minimalis. Hindari kesalahan-kesalahan tersebut agar aktivitas di dalam dapur bisa berjalan dengan nyaman dan efisien. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari 8 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mendesain Dapur"

Posting Komentar